Rabu, 30 September 2015

kota Balikpapan

Balikpapan merupakan kota yang berada pada Kalimantan Timur. Balikpapan merupakan salah satu kota industri yang berada di Indonesia. Balikpapan juga memilik sejarah yang sangat panjang. kenapa Balikpapan di sebut demikian. ada beberapa hal atau sejarahnya tentang penyebutan Balikpapan, pertaman adanya 10 keping papan yang kembali ke jenebora dari 1.000 keping yang diminta oleh sultan kutai sebagai sumbangan bahan pembangunan untuk pembangunan Iatana Baru Kutai Lama. kesepuluh papan yang terbalik tersebut disebut oleh orang kutai Balikpapan Tu.

sehingga wilayah sepanjang Teluk Balikpapan, tepatnya di Jenebora disebut Balikpapan. kedua Suku Paser Balik (suku asli Balikpapan) adalah keturunan kakek dan nenek bernama Kayun Kuleng dan Papan Yun. sehingga daerah sepanjang teluk Balikpapan oleh keturunannya disebut Kuleng-Papan atau artinya Balikpapan (dalam bahasa paser kuleng artinya balik). Hari jadi Kota Balikpapan adalah tanggal 10 Februari 1897. penetapan tanggal ini merupakan hasil seminar sejarah Balikpapan pada tanggal 1 Desember 1984. tanggal10 februari 1897 ini adalah tanggal pengolahan minyak pertama di Balipapan yang dilakukan oleh perusahaan minyak Mathilda sebagai realisasi dari pasal-pasal kerjasam antara H.H.Menten dengan Mr.Adams dari Firma Samuel dan Co.
Kota Balikpapan memiliki wilayah 85% berbukit-bukit seta 12% berupa daerah datar yang sempit terutama berada di Daerah Aliran Sungai dan sungai kecil serta pesisir pantai. dengan kondisi tanah yang subur sebagaimana layaknnya wilayah lain di Indonesia, kota ini juga beriklim tropis. kota ini berada di pesisir Kalimantan yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar, memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.
di Balikpapan tidak memiliki bahasa daerah yang khusus, karena di Balikpapan kebanyakan penduduknya atau warganya merupakan pendatang atau transmigrasi, jadi boleh dibilang Balikpapan merupakan versi mininya Indonesia karena rata-rata semua suku yang ada di Balikpapan merupakan perwakilan dari daerah asalnya. biaya hidup di Balikpapan merupakan tertinggi di Indonesia, karena sebagian besar penduduknya bekerja di perusahaan industri maupun tidak. dan kebanyakan barang-barang keperluan hidup didatangkan dari lain pulau. pada beberapa tahun terakhir Balikpapan mendapatkan prestasi yang dapat dibanggakan salah satunya Balikpapan merupakan kota terbersih se Asia Tenggara, dan pada tahun ini Balikpapan mendapatkan penghargaan kota yang paling dicintai menggalahkan Prancis dan beberapa kota di negara maju yang lainnya. itu merupakan prestasi yang sangat membanggakan karena membawa nama baik Indonesia mauun nama daerah sendiri sehingga bisa menambah pengetahuan pariwisata yang ada di Indonesia maupun Balikpapan sendiri. Balikpapan juga mempunyai Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yang mendapatkan peringkat ke-16 bandara dengan tingkat layanan terbaik di Dunia, berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI). ini juga merupakan sebuah prestasi besar yang dimiliki oleh Indonesia dan Balikpapan itu sendiri.
di Balikpapan anda tidak akan menjumpai tambang batu bara, mengapa demikian? karena pemerintah khususnya mulai dari pemerintahan Bapak Imdaad Hamid sampai sekarang. beliau membuat peraturan yang melarang adanya perusahaan batu bara yang masuk ke daerah Balikpapan, karena menurut beliau Pertambangan tersebut dapat merusak sumber daya alam sekitar.

sumber : disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar